FAQ

Daftar pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan​

Siapa yang dapat mengajukan pinjaman di ModalUsaha?

Semua Warga Negara Indonesia yang berusia 21-55 tahun

Bagaimana melakukan pengajuan pinjaman di ModalUsaha

Melakukan pengunduhan aplikasi ModalUsaha melalui  downloadsekarang

Lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan

Bagaimana melakukan pengajuan sebagai pendana di ModalUsaha?

Melakukan pengunduhan aplikasi ModalUsaha melalui  downloadsekarang

Lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan

Jumlah minimum menjadi pendana di ModalUsaha adalah 10 juta rupiah.

Apa saja dokumen/data yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman?

Ketika melakukan registrasi, peminjam harus melampirkan data-data seperti

KTP, rekening Bank, slip gaji untuk pinjaman individu

Bagaimana Cara Pembayarannya?

Pembayaran pinjaman dapat dilakukan dengan menggunakan:

- ATM transfer

- Bank Transfer ke nomor virtual account.

Berapa jumlah pinjaman yang bisa diajukan?

Jumah pinjaman yang bisa diajukan berkisar:

- Individu: Rp 500.000,- s/d Rp 1.500.000,-

Berapa biaya administrasi untuk mengajukan pinjaman?

Biaya Administrasi untuk pinjaman individu adalah sebesar Rp. 62.500,- s/d Rp. 100.000,-

Berapa bunga yang dibebankan pada peminjam?

Bunga yang dibebankan adalah:

- Individu: 0.7% per hari

* Suku bunga dari pemberi pinjaman: 25%

* Komisi Modal Usaha: 15%

* Biaya proses analisa risiko: 30%

* Biaya Operasional: 30%

Bagaimana cara mengajukan pengaduan?

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik yang prima, kadang tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat. Bila hal ini terjadi bisa menimbulkan ketidak puasan dan 

keluhan dari masyarakat luas. Keluhan tersebut dapat diajukan untuk mendapat solusi yang terbaik.

 

Cara Menyampaikan Pengaduan :

A. Secara lisan

1. Melalui telepon, yakni pada saat jam kerja.

2. Bisa Datang langsung ke Lokasi tempat pengaduan

B. Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui email, atau melalui pos ke alamat kantor pengaduan.

2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

 

Penerimaan Pengaduan :

1. Menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.

2. Memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.

3. Memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

 

Penyelesaian Pengaduan :

1. Setiap pengaduan yang di terima di follow up dan di hubungi kembali, sampai selesai dan masyarakat puas dengan jawaban yang diterima.

2. Apabila masih ada yang belum selesai akan terus di tindak lanjuti sampai benar-benar selesai, dan tidak ada, yang masih terpending.

Laporan Pengaduan Konsumen, setiap bulan disampaikan bersamaan dengan laporan bulanan ke OJK dengan form

Laporan Pengaduan Konsumen Dan Tindak Lanjut Pelayanan Dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen. 

Terdaftar dan diawasi oleh:


PERHATIAN

1.Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

2.Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

3.Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna (‘Pemanfaatan Data’) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

4.Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

5.Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.



6.Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

7.Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

8.Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan,tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna,baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman(baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna)terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

9.Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

ALAMAT KAMI

Jl. Pintu Besar Selatan No.82D, Pinangsia, Kec Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11110

support@modalusaha.id

0857-5596-8477

ALAMAT DI PETA